%X Hanna Pangestika Dewi. 037115032. Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa kelas V SDN Segugus 5 Wanaherang Kecamatan Gunungputri Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen angket pada kedua variabel. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 444 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 210 siswa. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors), setelah uji normalitas dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara efikasi diri dengan kemandirian belajar dengan nilai thitung> ttabel yaitu 10,81 > 1,984 yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kedua variabel dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,601 yang berarti adanya hubungan antara efikasidiri dengan kemandirian belajar siswa yang kuat. Hal ini terbukti dari perhitungan persamaan regresi Ŷ = 52,88+0,73X, artinya setiap kenaikan nilai unit efikasi diri akan menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,73 unit. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci : Efikasi Diri, Kemandirian Belajar Siswa %I Universitas Pakuan %D 2019 %A Hanna Pangestika Dewi %A Dadang Kurnia %A Yuli Mulyawati %L eprintsunpak4311 %T HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR Penelitian Kuantitatif denganPendekatan Korelasional Pada SiswaKelas VSekolah Dasar Negeri Segugus 5 Wanaherang Kecamatan Gunungputri Kabupaten BogorSemester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020