eprintid: 4318 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/43/18 datestamp: 2022-09-03 02:19:00 lastmod: 2022-09-20 03:40:23 status_changed: 2022-09-03 02:19:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Agustin, Lintang Nurida creators_name: Nurjaman, Aam creators_name: Suwarna, Dadan creators_NPM: 032115041 creators_NPM: 0016116501 creators_NPM: 0008045902 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nurjaman, Aam contributors_name: Suwarna, Dadan contributors_NIDN: 0016116501 contributors_NIDN: 0008045902 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: PENERAPAN METODE PANORAMA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KLAPANUNGGAL KAB. BOGOR ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: ABSTRAK Lintang Nurida Agustin: PENERAPAN METODE PANORAMA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KLAPANUNGGAL KABUPATEN BOGOR Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui penerapan metode PANORAMA dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Klapanunggal Kabupaten Bogor serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam keterampilan membaca pemahaman teks berita dengan metode PANORAMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Hipotesis pertama yaitu penerapan metode PANORAMA dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks berita dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 62.73 dapat diketahui bahwa keterampilan siswa cukup mampu dalam membaca pemahaman teks berita, sedangkan hasil postest rata-rata nilai kelas eksperimen 81.37 dengan taraf keterampilan mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0= 3.14 dan d.b. = 58 dengan tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67 serta tt taraf signifikasi 1% sebesar 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,67 <3,14> 2,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam membaca pemahaman teks berita terbukti kebenarannya. Bedasarkan data hasil angket, yang menyatakan bahwa pada hasil angket mengenai membaca sebuah teks dengan mtode PANORAMA dengan presentase 100%, mengenai pada saat menjawab pertanyaan sebelumnya sudah mengetahui tentang metode PANORAMA dengan presentase 100%. Kata kunci: Keterampilan membaca pemahaman teks berita, metode PANORAMA date: 2019-10-25 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Agustin, Lintang Nurida and Nurjaman, Aam and Suwarna, Dadan (2019) PENERAPAN METODE PANORAMA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KLAPANUNGGAL KAB. BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4318/1/2019%20PBSI%20Lintang%20Nurida%20Agustin.pdf