<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MEDIA POSTER DALAM MENINGKATKAN \r\nKETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP\r\nBAHRUL ULUM KOTA BOGOR"^^ . "ABSTRAK\r\nNurmalasari Hasibuan: “Penerapan Media Poster dalam Meningkatkan \r\nKeterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Bahrul Ulum Kota \r\nBogor”. Program Studi Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu \r\nPendidikan, Universitas Pakuan, Bogor 2019.\r\nTujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan media poster terhadap \r\npeningkatan keterampilan menulis teks berita dan kendala siswa dalam menulis \r\nteks berita. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. \r\nTeknik pengumpulan data yaitu, tes, angket, dan observasi. Tes digunakan untuk \r\nmengetahui adanya pengaruh dari penerapan media poster, sedangkan angket \r\ndigunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa ketika proses \r\npembelajaran berlangsung. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-B sebagai \r\nkelas eksperimen dan siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Teknik \r\npengambilan sampel ini dilakukan dengan cara cluaster random sampling.\r\nHipotesis pertama, yaitu penerapan media poster terhadap peningkatkan \r\nketerampilan menulis teks berita terbukti kebenarannya. Hal tersebut dapat \r\ndibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai \r\nrata-rata, yaitu 43.28 berada pada tingkat kurang mampu dalam menulis teks\r\nberita, sedangkan hasil rata-rata postes, yaitu 77.2 berada pada tingakat \r\npenguasaan mampu. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada \r\nkelas eksperimen yaitu sebesar 33.92. sementara hasil perbandingan mean kelas \r\neksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji-t, diperoleh data harga \r\nthitung 2.81 dan d.b. = 48, selanjutnya dilakukan pengetesan satu skor pada nilai “t”. \r\nd.b. 48 dan diperoleh harga t00,99 = 2,39 dan harga t0 0,95 = 1,67. Dengan demikian, \r\nthitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel < \r\nthitung, yaitu 1,67 < 2.81> 2,39. Dengan demikian t0 (thitung) lebih besar \r\ndibandingkan dengan t0 (ttabel). Hipoteseis kedua, yaitu kendala yang dialami oleh \r\nsiswa dalam menulis teks berita terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket \r\nyang menyatakan sebanyak 58% mengalami kendala dalam menyebutkan struktur \r\nteks berita. kemudian, 40% mengalami kendala dalam menyebutkan unsur pada \r\nteks berita. selain itu, 16% media poster mempermudah dalam menulis teks berita. \r\nHal tersebut dapat dibuktikan bahwa penerapan media poster dapat meningkatkan \r\nketerampilan menulis teks berita dan terdapat beberapa kendala dalam menulis \r\nteks berita. \r\nKata Kunci: keterampilan menulis, teks berita, media poster"^^ . "2019-09-12" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Rina"^^ . "Rosdiana"^^ . "Rina Rosdiana"^^ . . "Dadan"^^ . "Suwarna"^^ . "Dadan Suwarna"^^ . . "Nurmalasari"^^ . "Hasibuan"^^ . "Nurmalasari Hasibuan"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "PENERAPAN MEDIA POSTER DALAM MENINGKATKAN \r\nKETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP\r\nBAHRUL ULUM KOTA BOGOR (Text)"^^ . . . "2019 PBSI Nurmalasari Hasibuan.pdf"^^ . . "HTML Summary of #4324 \n\nPENERAPAN MEDIA POSTER DALAM MENINGKATKAN \nKETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP \nBAHRUL ULUM KOTA BOGOR\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA" . .