eprintid: 4328 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/43/28 datestamp: 2022-09-03 02:19:22 lastmod: 2022-09-16 03:38:05 status_changed: 2022-09-03 02:19:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Herawati, Agustina creators_name: Budiana, Sandi creators_name: Muhajang, Tatang creators_NPM: 037115024 creators_NPM: 0421106801 creators_NPM: 0405056904 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Budiana, Sandi contributors_name: Muhajang, Tatang contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0405056904 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidiksn Guru Sekolah Dasar title: HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kolerasional Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 ispublished: unpub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Video terhadap Hail Belajar Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Babakan 01. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Babakan 01 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 65 Siswa, penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perngaruh penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap hasil belajar subtema 1 keberagaman budaya bangsaku. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 76, sedangkan kelompok kelas control mendapatkan nilai N-Gain sebesar 68. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 85% sedangkan pada kelompok kelas control sebesar 75%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (2,541) > ttabel (1,998). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran audio visual video terhadap hasil belajar subtema 1 keberagaman budaya bangsaku. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penggunaan media pembelajaran sehingga menggunakan media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Hasil belajar, Audio Visual Video. date: 2019-06-24 institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Herawati, Agustina and Budiana, Sandi and Muhajang, Tatang (2019) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kolerasional Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4328/1/2019PGSD%20AGUSTINA%20H.pdf