TY - THES N2 - Abstrak Penelitian ini melakukan analisis terhadap efektivitias penyebaran kampanye tagar #AyoPakaiMasker pada media sosial twitter dengan menggunakan metode Social Network Analysis. Metode penilitian penelitian memiliki tahapan Crawling data tweet, text preprocessing, term weighting, wordcloud, lalu analisis dan visualisasi menggunakan social network analysis. Tujuan penelitian ini adalah Social Network Analysis Untuk Mengukur Efektivitas Tagar #AyoPakaiMasker Pada Media Sosial twitter dan melihat bagaimana penyebaran kampanye ini dapat menjangkau masyarakat. Hasil crawling pada rentang waktu Maret 2020 sampai dengan Juni 2021 berjumlah 8616 tweet. Hasil analisis yang didapatkan adalah pada kampanye tagar #AyoPakaiMasker kata kunci yang sering dibicarakan adalah terkait ?giat?, ?masker?, ?polres?, ?polsek?. jaringan sosial kampanye #AyoPakaiMasker memiliki tiperelasi One Mode Vs Two Mode, relasi berarah (directed) dan relasi asimetris serta memiliki pola komunikasi roda karena adanya aktor pusat yang menyebarkan informasi. Pada jaringan sosial kampanye #AyoPakaiMasker memiliki nilai modularity sebesar 0.822 dan memiliki nilai graph density sebesar 0.2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas jaringan sosial yang terbentuk memiliki kualitas yang kurang baik dan memiliki aliran informasi yang relatif lambat. Kata Kunci: Text Mining, Gephi, Social Network Analysis, COVID19, Kampanye #AyoPakaiMaske A1 - Fikri, Muhamad A1 - Herfina A1 - Sari Aryani, Adriana Y1 - 2021/08// UR - http://eprints.unpak.ac.id/4332/ PB - Universitas Pakuan TI - Social Network Analysis untuk Mengukur Efektivitas Tagar #AyoPakaiMasker pada Media Sosial Twitter ID - eprintsunpak4332 AV - none M1 - Skripsi ER -