%D 2019 %T HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DISKUSI SISWA KELAS IX SMP ISLAM CIJERUK KABUPATEN BOGOR %L eprintsunpak4336 %X ABSTRAK Siti Hardiyani Astuti: Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pnedidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis, ketarampilan menulis teks diskusi, serta hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor dengan sampel penelitian sebanyak 40 siswa kelas IX tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengggunakan tes uraian kemampuan berpikir kritis dan tes keterampilan menulis teks diskusi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan juga analisis statistik. Hasil deskripsi data menunjukan kemampuan berpikir kritis siswa dapat dikatakan berkategori cukup baik dengan rata-rat nilai 72 dan keterampilan menulis teks diskusi siswa juga berada pada kategori cukup baik dengan rata-rata nilai 71. Hasil analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson dapat diketahui tigkat hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis teks diskusi diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,827. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan dengan kategori sangat kuat antara kemampuan berpikir kritis dengan keterampilan menulis teks diskusi siswa Kelas IX SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Keterampilan Menulis, Diskusi %A Siti Hardiyani Astuti %A Sandi Budiana %A Rina Rosdiana %I Universitas Pakuan