<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY\r\nStudi Kurikulum 2006 Dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sindang Sari Kota Bogor\r\nSemester Genap Tahun Ajaran 2016/2017"^^ . "ABSTRAK\r\n\r\nUmalia, 037113102. Perbedaan Hasil Belajar Sumber Daya Alam Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Pada Siswa Kelas IV-A, IV-B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Sindang Sari Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2017.\r\nPenelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif dengan metode ekperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw (kelas ekperimen 1) dengan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol), perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif Two StayTwo Stray (kelas eksperimen 2) dengan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol) dan perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw (kelas ekperimen 1) dengan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (kelas eksperimen 2). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sindang Sari Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor kela IV-A,IV-B,IV-C pada bulan Mei, semester genap tahun pelajaran 2016/2017.Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t.Perhitungan N-Gain pada ketiga kelompok diperoleh nilai N-Gain kelas kontrol (kelompok konvensional) sebesar 59,71, nilai N-Gain kelas eksperimen 1 (Kelompok Jigsaw) sebesar 7621, sedangkan nilai N-Gain kelas eksperimen 2 (Kelompok Two Stay Two Stray) sebesar 71,28. Sehingga nilai N-Gain pada kelas eksperimen 1 lebih besar dari kelompok eksperimen 2 maupun kelas kontrol. Pada uji normalitas dengan uji lieliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Jigsaw di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,12 ≤ 0,156, pada kelompok kelas Two StayTwo Stray di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,10 ≤ 0,156, pada kelompok kelas Konvensional di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,10 ≤ 0,149. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai X2hitung sebesar (2,687) lebih kecil dari x2tabel (5,991). Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan nilai thitung sebesar 3,928 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99714, menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.Berdasarkan hail penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan model pembelajaram kooperatif Two Stay Two Stray. Model pembelajaran Jigsaw lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray.\r\n\r\n\r\nKata Kunci\t: Jigsaw, Two Stay-Two Stray, Hasil Belajar"^^ . "2019-05-21" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . ""^^ . "Suhendra"^^ . " Suhendra"^^ . . ""^^ . "Umalia"^^ . " Umalia"^^ . . "Rais"^^ . "Hidayat"^^ . "Rais Hidayat"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidiksn Guru Sekolah Dasar"^^ . . . . . . . "PERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY\r\nStudi Kurikulum 2006 Dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sindang Sari Kota Bogor\r\nSemester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 (Text)"^^ . . . "2019PGSD UMALIA.pdf"^^ . . "HTML Summary of #4338 \n\nPERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY \nStudi Kurikulum 2006 Dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sindang Sari Kota Bogor \nSemester Genap Tahun Ajaran 2016/2017\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR" . .