%X ABSTRAK Tuti Alawiyah. 037115149. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian Kuantitatif Eksperimen Quasi. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar pembelajaran kesatu pada subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Penelitian ini dilaksanaka di Sekolah Dasar Negeri Pancawati 02 Kabupaten Bogor. Pada kelas IV-A dan IV- B semester genap 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan dengan kelas model pembelajaran inkuiri terbimbing memperoleh nilai N-Gain sebesar 67,04 dengan ketuntasan hasil belajar 94% sedangkan kelas model pembelajaran Konvensional memperoleh nilai N-Gain 45,00 dengan ketuntasan hasil belajar 85% Hasil pengujian hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (5,39638) > ttabel (2,00404). Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang lebih besar dibanding model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. %I Universitas Pakuan %D 2019 %A Tuti Alawiyah %A Wawan Syahiril Anwar %A Fitri Siti Sundari %L eprintsunpak4350 %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri Pancawati 02 Kabupaten Bogor Semester Genap 2018/2019