eprintid: 4350 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/43/50 datestamp: 2022-09-03 03:15:56 lastmod: 2022-09-16 02:44:36 status_changed: 2022-09-03 03:15:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Alawiyah, Tuti creators_name: Anwar, Wawan Syahiril creators_name: Sundari, Fitri Siti creators_NPM: 037115149 creators_NPM: 0022096401 creators_NPM: 0422127105 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/TRC contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Syahiril contributors_name: Sundari, Fitri Siti contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0422127105 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidiksn Guru Sekolah Dasar title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri Pancawati 02 Kabupaten Bogor Semester Genap 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Tuti Alawiyah. 037115149. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian Kuantitatif Eksperimen Quasi. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar pembelajaran kesatu pada subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Penelitian ini dilaksanaka di Sekolah Dasar Negeri Pancawati 02 Kabupaten Bogor. Pada kelas IV-A dan IV- B semester genap 2018/2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Hal tersebut ditunjukkan dengan kelas model pembelajaran inkuiri terbimbing memperoleh nilai N-Gain sebesar 67,04 dengan ketuntasan hasil belajar 94% sedangkan kelas model pembelajaran Konvensional memperoleh nilai N-Gain 45,00 dengan ketuntasan hasil belajar 85% Hasil pengujian hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (5,39638) > ttabel (2,00404). Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang lebih besar dibanding model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. date: 2019-09-29 institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Alawiyah, Tuti and Anwar, Wawan Syahiril and Sundari, Fitri Siti (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Peserta Didik Kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri Pancawati 02 Kabupaten Bogor Semester Genap 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4350/1/2019PGSD%20TUTI%20A.pdf