eprintid: 4351 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 47 dir: disk0/00/00/43/51 datestamp: 2022-09-03 03:14:03 lastmod: 2022-09-03 03:14:03 status_changed: 2022-09-03 03:14:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nugrahati, Ines Zahra creators_name: NUGROHO, DAVID RIZAR creators_name: PUSPANIDRA, TIARA creators_NPM: 044116436 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nugroho, David Rizar contributors_name: Puspaindra, Tiara corp_creators: UNIVERSITAS PAKUAN corp_creators: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA corp_creators: Ilmu Komunikasi title: PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN TOKOPEDIA X BTS DI INSTAGRAM TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN (Kasus Pada: Pengikut Akun Instagram @Tokopedia) ispublished: pub subjects: d divisions: Pro_ikom full_text_status: public abstract: okopedia adalah salah satu e-commerce terbesar yang ada di Indonesia. Semenjak iklan kolaborasinya dengan BTS di Instagram, pengikut akun Instagram Tokopedia sangat meningkat. Tokopedia semakin aktif dalam melakukan promosi di Instagram. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini antara lain menganalisis efektivitas iklan Tokopedia x BTS di Instagram, dan menganalisis terjadinya tindakan proses keputusan pembelian menggunakan Tokopedia, serta menganalisis pengaruh efektivitas iklan Tokopedia x BTS di Instagram terhadap proses keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah non probability sampling dengan kategori teknik purposive sampling dengan survei kepada 100 pengikut akun Instagram Tokopedia. Analisis yang adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: 1. Efektivitas Iklan Tokopedia x BTS di Instagram dapat dikatakan sudah efektif dan sangat baik, hal ini terlihat dari rataan jawaban pada keempat indikatornya yaitu rata-rata menjawab setuju. 2. Proses Keputusan Pembelian setelah melihat iklan Tokopedia x BTS di Instagram dapat dikatakan cukup baik, hal ini terlihat dari rataan jawaban pada kelima indikatornya yaitu rata-rata menjawab setuju. 3. Pengaruh Efektivitas Iklan Tokopedia x BTS di Instagram terhadap Proses Keputusan Pembelian diketahui nilai signifikansi (Sig.) variabel Efektivitas Iklan (X) sebesar 0,000<0,05, dengan besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,415 atau sama dengan 41,5%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel Efektivitas Iklan (X) berkontribusi sebesar 41% terhadap variabel Prose Keputusan Pembellian (Y). Diketahui sisanya 58,5% dipengaruhi oleh faktor lai yang tidak diteliti oleh peneliti. date: 2021-02-04 date_type: published institution: UNIVERSITAS PAKUAN department: Ilmu Komunikasi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nugrahati, Ines Zahra and NUGROHO, DAVID RIZAR and PUSPANIDRA, TIARA (2021) PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN TOKOPEDIA X BTS DI INSTAGRAM TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN (Kasus Pada: Pengikut Akun Instagram @Tokopedia). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PAKUAN. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4351/1/CamScanner%2009-02-2022%2012.18.pdf