@phdthesis{eprintsunpak4399, school = {Universitas Pakuan}, author = {Nurmilasari Nurmilasari and Eri Sarimanah and Suhendra}, title = {PENERAPAN METODE COPY THE MASTER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMK ASSALAM YAYASAN AL-IJTIHAD CIMAYANG BOGOR}, month = {August}, year = {2019}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/4399/}, abstract = {ABSTRAK Nurmilasari: ?Penerapan Metode Copy The Master dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Kelas XI SMK Assalam Yayasan Al-Ijtihad Cimayang. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode copy the master untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen kelas XI SMK Assalam Yayasan Al-Ijtihad Cimayang serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Assalam Yayasan Al-Ijtihad Cimayang. Sampel penelitian ini adalah kelas XI-AK1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-AK3 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan metode copy the master dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data tes awal (prates) kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 56,7 kemudian terjadi peningkatan nilai pada hasil postes, dengan memperoleh nilai rata-rata 81,6. Hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes, diperoleh harga thitung= 3,05 dan d.b.= 56. Dari db 56 setelah melakukan pengetesan satu skor pada tabel nilai ?t?. nilai d.b.= 56 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b. yang mendekati yaitu d.b. 60 dan diperoleh harga to 0,05 = 2,00 dan harga to 0,01 = 2,65 dengan demikian, thitung jauh lebih besar dari ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel {\ensuremath{<}} thitung, yaitu 2,00 {\ensuremath{<}}3,05{\ensuremath{>}} 2,65. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu peserta didik mengalami kendala dalam menulis teks cerpen terbukti kebenarannya. Bedasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa 17 peserta didik atau 59\% kesulitan menentukan sudut pandang dalam menulis teks cerpen. Selain itu, 16 peserta didik atau 55\% kesulitan menentukan amanat dalam menulis teks cerpen. Kemudian 19 peserta didik atau 66\% mengalami kendala saat menggunakan ejaan dalam menulis teks cerpen. Kata kunci: Keterampilan menulis teks cerpen, metode copy the master} }