%D 2020 %T STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA KABUPATEN BOGOR (STUDI KASUS PROGRAM HOLIDAY DI BOGOR PADA RADIO TEGAR BERIMAN) %L eprintsunpak4412 %X Penelitian ini bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Kabupaten Bogor melalui media siar Radio Tegar Beriman. Key Informan yang diguanakan peneliti adalah Mey Cresentya sebagai produser, Ivan Fadillah dan Elma Thaena sebagai informan, key informan dan informan digunakan untuk menggambarkan bagaimana cara tim radio tegar beriman dalam mempromosikan pariwisata di Kabupaten Bogor dengan menggunakan analisis komunikasi pariwisata menurut Burhan Bugin. Penelitian ini merujuk kepada bidang-bidang kajian komunikasi pariwisata yaitu komunikasi pemasaran pariwisata. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor pada Radio dan Televisi Tegar Beriman pada bulan Januari 2020. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dalam mempromsikan pariwisata menggunakan strategi bidang-bidang kajian analisis komunikasi pariwisata dari konsep Burhan Bugin sangat efektif dalam mempromosikan pariwisata di Kabupaten Bogor. Kata Kunci: Pariwisata, Promosi, dan Media %A NIA FITRI HARDIYANTI %A Mariana Rista Ananda Siregar %A Intan Tri Kusumaningtias %I Universitas Pakuan