%0 Thesis %9 Skripsi %A Fallah, Dian Fadhlul %A Suhendra %A Talitha, Stella %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2019 %F eprintsunpak:4455 %I Universitas Pakuan %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF SISWA KELAS IX SMPN 2 PELABUHANRATU KABUPATEN SUKABUMI %U http://eprints.unpak.ac.id/4455/ %X ABSTRAK Dian Fadhlul Fallah : Penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside Cirlce dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Kelas IX SMPN 2 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Program Studi Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model inside-outside cirlce dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menulis teks pidato persuasif, serta kendala yang dialami siswa kelas IX SMPN 2 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi dalam menulis teks pidato persuasif. Metode yang dipergunakan yaitu metode eksperimen dan teknik pengumpulan data melalui tes, angket dan observasi. Adapun populasi penelitiannya adalah siswa kelas IX SPMN 2 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi. dengan sampel kelas eksperimen adalah kelas IX B dan sebagai kelas kontrol adalah kelas IX F. Hipotesis pertama Penerapan model pembelajaran inside-outside circle terbukti dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menulis teks pidato persuasif siswa kelas IX SMPN 2 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi yaitu sebesar 45,33 dengan nilai rata-rata prates di kelas ekspeimen 37,71 termasuk katagori kurang mampu dan nilai rata-rata pascates 83,04 termasuk katagori mampu. Hasil perbandingan mean dan rumus uji t diperoleh thitung sebesar 3,23 dengan db 78 taraf signifikan 5% diperoleh ttabel 1,67 dan taraf signifikan 10% diperoleh ttabel 2,38 atau 1,67<3,23>2,38 ini berarti thitung lebih besar dari ttabel. Hipotesis kedua Tedapat kendala dalam pembelajaran keterampilan menulis teks pidato persuasif yang dialami oleh siswa dan sesuai hasil angket yaitu 45% siswa mengalami kendala ketika menggunakan istilah-istilah umum dalam pembelajaran menulis teks pidato persuasif, 42,5% siswa mengalami kendala ketika menganalisis struktur dalam pembelajaran teks pidato persuasif, 45%) siswa mengalami kendala dalam memahami masalah yang diberikan guru dalam pembelajaran menulis teks pidato persuasif dengan menggunakan model pembelajaran inside-outside circle . Kata Kunci : Keterampilan menulis, teks pidato persuasif, Model IOC