eprintid: 4461 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/44/61 datestamp: 2022-09-03 03:34:28 lastmod: 2022-09-15 07:33:56 status_changed: 2022-09-03 03:34:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Permatasari, Annisa Indah creators_name: Anwar, Wawan Syahiril creators_name: Ghani, Resyi A. creators_NPM: 037117149 creators_NPM: 0022096401 creators_NPM: 0417088001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Syahiril contributors_name: Ghani, Resyi A. contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0417088001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA SIKAP KEPAHLAWANAN ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar subtema sikap kepahlawanan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Puspanegara 03 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 59 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa pilihan ganda sebanyak 26 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Sikap Kepahlawanan. Hal ini dapat dilihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar (74) yang termasuk kriteria tinggi, sedangkan pada kelompok kelas kontrol mendapat nilai N-Gain sebesar (55) yang termasuk kriteria sedang. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok kelas eksperimen sebesar (87%), sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar (62%). Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (4,570603) > ttabel (2,002465). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar subtema sikap kepahlawanan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Puspanegara 03 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran discovery learning yang melibatkan keaktifan dan kemandirian peserta didik terhadap hasil belajar. Kata kunci: Hasil Belajar; Model Discovery Learning. date: 2022-01-27 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Permatasari, Annisa Indah and Anwar, Wawan Syahiril and Ghani, Resyi A. (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA SIKAP KEPAHLAWANAN. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4461/1/2022%20PGSD%20Annisa%20Indah.pdf