TY - THES Y1 - 2022/02/05/ AV - public UR - http://eprints.unpak.ac.id/4484/ A1 - RAPSANJANI, PANJI A1 - JAYAWINANGUN, RONI A1 - MARTHA, LAYUNG PARAMESTI ID - eprintsunpak4484 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Komunikasi Pemasaran Di Gerai Indogrosir Ciputat Untuk Mempertahankan Pelanggan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana mengetahui komunikasi pemasaran yang dilakukan di Indogrosir Ciputat dan bagaimana rekomendasi penerapan komunikasi pemasaran melalui bauran promosi dalam mempertahankan pelanggan di Indogrosir Ciputat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Indogrosir Ciputat Jl. Raya Parung Ciputat Bojongsari Baru, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Jawa Barat. Waktu penelitian ini dilaksanakan terhitung dari bulan Juli 2021 sampai dengan Oktober 2021. Teknik yang digunakan yaitu teknik purposive sampling sampling yaitu narasumber dipilih berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu. Dalam hal ini penulis memilih marketing manager dan juga pelanggan Indogrosir Ciputat yang dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi sumber melalui wawancara melalui pernyataan key informan diperkuat dengan membandingkan hasil wawancara dengan informan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa rekomendasi penerapan komunikasi pemasaran dan melalui elemen bauran promosi yaitu iklan (advertising), penjualan tatap muka (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat ( public relation), serta pemasaran langsung (direct marketing) terbukti efektif dalam memperkenalkan, menginformasikan, menjual produk dan menjalin hubungan dengan pelanggan sehingga efektif dalam hubungan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan. M1 - Skripsi TI - ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN DI GERAI INDOGROSIR CIPUTAT UNTUK MEMPERTAHANKAN PELANGGAN PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA ER -