TY - THES Y1 - 2020/09/08/ AV - public UR - http://eprints.unpak.ac.id/4489/ A1 - Nurmalasari, Desti A1 - Anwar, Wawan Syahiril A1 - Windiyani, Tustiyana ID - eprintsunpak4489 N2 - Desti Nurmalasari. 037116029. Hubungan Konsep Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sukasari Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sukasari kota Bogor yang berjumlah 126 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 96 siswa. penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner yang sudah di uji validitas dan reabilitas sebelumnya. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu ? = 89,23 + (0,270X) dengan Fhitung sebesar 5,12 lebih besar dari Ftabel dengan taraf 0,05 sebesar 3,94 dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,227. Maka dari itu data yang diperoleh ditemukan hubungan yang rendah antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa dilihat dari hasil perhitungan yang sudah diakumulasikan yaitu sebesar 5,2%, sedangkan 94,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara Konsep Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa kelas V SD Negeri Sukasari Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Konsep Diri, Kemandirian Belajar M1 - Skripsi TI - HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Studi Korelasional pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukasari Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 PB - Universitas Pakuan ER -