eprintid: 4489 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/44/89 datestamp: 2022-09-03 03:40:12 lastmod: 2022-09-15 07:49:03 status_changed: 2022-09-03 03:40:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurmalasari, Desti creators_name: Anwar, Wawan Syahiril creators_name: Windiyani, Tustiyana creators_NPM: 037116029 creators_NPM: 0022096401 creators_NPM: 0403087102 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan Syahil contributors_name: Windiyani, Tustiyana contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0403087102 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Studi Korelasional pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukasari Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Desti Nurmalasari. 037116029. Hubungan Konsep Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sukasari Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sukasari kota Bogor yang berjumlah 126 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 96 siswa. penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner yang sudah di uji validitas dan reabilitas sebelumnya. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ῡ = 89,23 + (0,270X) dengan Fhitung sebesar 5,12 lebih besar dari Ftabel dengan taraf 0,05 sebesar 3,94 dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,227. Maka dari itu data yang diperoleh ditemukan hubungan yang rendah antara konsep diri dengan kemandirian belajar siswa dilihat dari hasil perhitungan yang sudah diakumulasikan yaitu sebesar 5,2%, sedangkan 94,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara Konsep Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa kelas V SD Negeri Sukasari Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Konsep Diri, Kemandirian Belajar date: 2020-09-08 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nurmalasari, Desti and Anwar, Wawan Syahiril and Windiyani, Tustiyana (2020) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 ini dengan Pendekatan Studi Korelasional pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukasari Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4489/1/2020%20PGSD%20Desti%20Nurmalasari.pdf