%T ANALISIS KESULITAN MEMBACA BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI BOGOR (Studi ini dilakukan dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Pada Peserta Didik Kelas 2 di Sekolah SLB Negeri Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020) %L eprintsunpak4493 %D 2020 %X Paradise Satya Mawarni, 037116065. Analisis Kesulitan Membaca Bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan Di SLB Negeri Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca peserta didik tunagrahita kategori ringan. Bertempat disekolah SLB Negeri Bogor dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian kelas II sebanyak 1 siswa. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang berdasarkan hasil jawaban dan Wawancara dengan siswa dan guru kelas II SLB Negeri Bogor, dapat disimpulkan bahwa peserta didik belum mampu membaca dengan dengan benar dan belum mampu mengingat huruf abjad, hal ini disebabkan oleh (1). Kemampuan intelektual yang rendah sehingga menyebabkan daya ingatan dan konsentrasi siswa terganggu (2). Siswa tidak mengenal huruf abjad (3). Siswa kesulitan dalam membaca dengan bentuk cerita. Kata Kunci: Menganalisis, Kemampuan Membaca Tunagrahita %I Universitas Pakuan %A Paradise Satya Mawarni %A Entis Sutisna %A Fitri Siti Sundari