eprintid: 4498 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/44/98 datestamp: 2022-09-03 03:41:19 lastmod: 2022-09-15 07:23:56 status_changed: 2022-09-03 03:41:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Haniyah, Wardah creators_name: Anwar, Wawan Syahiril creators_name: Anjaswuri, Fitri creators_NPM: 037116201 creators_NPM: 0022096401 creators_NPM: 0416068503 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Anwar, Wawan,S contributors_name: Anjaswuri, Fitri contributors_NIDN: 0022096401 contributors_NIDN: 0416068503 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Wardah Haniyah. 037116201. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan analisis jalur. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah 109 peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah peserta didik dengan sampel sebanyak 52 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likert untuk variabel kemandirian belajar dan hasil nilai rapor semester genap untuk variabel prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,503 dan diperoleh thitung sebesar 3,651, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,253 atau sebesar 25,3%. Hal ini berarti nilai prestasi belajar peserta didik sebesar 25,3% ditentukan oleh kemandirian belajar, melalui persamaan regresi Ŷ = 66,2+ 0,13X. Sisanya sebanyak 74,7% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik maka harus memerhatikan kemandirian belajar peserta didik tersebut. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar date: 2020-08-10 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Haniyah, Wardah and Anwar, Wawan Syahiril and Anjaswuri, Fitri (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Studi Kausal pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Papandayan Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4498/1/2020%20PGSD%20WARDAH%20HANIYAH.pdf