relation: http://eprints.unpak.ac.id/4499/ title: PENGARUH BERPIKIR KRITIS TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK Penelitian Survey dengan Pendekatan Kausal pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciomas 05 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 creator: Kamilah, Tresna creator: Patras, Yuyun Elizabeth creator: Suchyadi, Yudhie subject: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR description: Tresna Kamilah. 037116104. Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berpikir kritis terhadap kreativitas peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciomas 05 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 93 peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 48 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh berpikir kritis terhadap kreativitas peserta didik ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,502. Ini menunjukan adanya adanya pengaruh antara berpikir kritis terhadap kreativitas peserta didik, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,25 atau sebesar 25%. Sisanya sebanyak 75% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata kreativitas pada peserta didik sebesar 25% ditentukan oleh berpikir kritis melalui persamaan regresi ̂ , artinya setiap kenaikan unit nilai berpikir kritis akan menyebabkan kenaikan kreativitas peserta didik sebesar 0,595 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara berpikir kritis terhadap kreativitas peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciomas 05 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Berpikir Kritis dan Kreativitas Peserta Didik. date: 2020-08-10 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/4499/1/2020%20PGSD%20Tresna%20Kamilah.pdf identifier: Kamilah, Tresna and Patras, Yuyun Elizabeth and Suchyadi, Yudhie (2020) PENGARUH BERPIKIR KRITIS TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK Penelitian Survey dengan Pendekatan Kausal pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciomas 05 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.