%A Nebila Navisa %A Teti Rostikawati %A Iyan Irdiyansyah %I Universitas Pakuan %D 2019 %X ABSTRAK Nebila Navisa, 03711619 Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dan model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kadudampit Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi pada kelas VA dan VB Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data yang meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh berpikir kritis melalui model Problem Based Learning nilai N-Gain 77,71 dengan ketuntasan berpikir kritis 74%, dan model Konvensional memperoleh nilai N-Gain 29,59 dengan ketuntasan berpikir kritis 10%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (11,925) > ttabel (2,00100). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa, terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada subtema Manusia dan Lingkungan. Model pembelajaran yang paling efektif pada subtema Manusia dan Lingkungan adalah Model Problem Based Learning. Kata Kunci :Berpikir Kritis, Problem Based Learning. %L eprintsunpak4501 %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KADUDAMPIT Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kadudampit Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021