%0 Thesis %9 Skripsi %A Fadhilah, Nida Nur %A Kurnia, Dadang %A Mulyawati, Yuli %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, %A PGSD, %B PGSD %D 2020 %F eprintsunpak:4504 %I Universitas Pakuan %T PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI (Penelitian Kausal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020) %U http://eprints.unpak.ac.id/4504/ %X Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kabupaten Bogor. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 71 peserta didik dengan sampel sebanyak 42 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan jenis instrumen tes yang berisi pertanyaan-pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis narasi ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien jalur (rxy) sebesar 0,65. Koefisien determinasi 0,4225 atau sebesar 42,25%, sedangkan 57,75% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Harga koefisien persamaan regresi Ŷ = 80,38 + 0,056X hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variabel kemampuan membaca pemahaman akan menyebabkan peningkatan keterampilan menulis narasi sebesar 0,056 unit. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif kemampuan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis narasi pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karang Asem 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun 2019/2020. Kata kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Narasi