@phdthesis{eprintsunpak4505, author = {Endang Nita Herlina and Rita Istiana and Yuli Mulyawati}, title = {PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA}, school = {Universitas Pakuan}, year = {2020}, month = {October}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/4505/}, abstract = {Endang Nita Herlina. 037116031. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kawungluwuk Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Pendekatan Studi Kausal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri Kawungluwuk Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 89 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD Negeri Kawungluwuk Bogor yang signifikan. Hal ini terlihat dari nilai koefisien korelasi Product Moment, sebesar 0,508. Selain itu, diperoleh thitung sebesar 5,502 dan ttabel 1,990. Dari hasil interprestasi hubungan koefisien korelasi, terlihat bahwa pengaruh pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 25,8\% atau dapat dikatakan dalam kategori rendah. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Kemandirian Belajar.} }