eprintid: 4507 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/45/07 datestamp: 2022-09-03 03:41:45 lastmod: 2022-09-15 07:36:48 status_changed: 2022-09-03 03:41:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mulyawati, Rieke Ayu Firli creators_name: Badruzzaman, Nedin creators_name: Sundari, Fitri Siti creators_NPM: 037116032 creators_NPM: 8807070018 creators_NPM: 0422127105 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Badruzzaman, Nedin contributors_name: Sundari, Fitri Siti contributors_NIDN: 8807070018 contributors_NIDN: 0422127105 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENGARUH SELF ESTEEM TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Kausal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kertamaya Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021) ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Rieke Ayu Firli Mulyawati 037116032 Pengaruh Self esteem Terhadap Efektivitas Pembelajaran Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Self esteem terhadap Efektivitas Pembelajaran Matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kertamaya Kota Bogor. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh self esteem terhadap efektivitas pembelajaran matematika. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 57,92 + 0,49X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,415. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 17%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana self esteem dengan efektivitas pembelajaran matematika menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 57,92 + 0,49X, yang berarti setiap kenaikan unit self esteem menyebabkan kenaikan efektivitas pembelajaran sebesar 0,49 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif self esteem terhadap efektivitas pembelajaran kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kertamaya Kota Bogor tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci : Self esteem dan Efektivitas Pembelajaran date: 2020-07-05 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Mulyawati, Rieke Ayu Firli and Badruzzaman, Nedin and Sundari, Fitri Siti (2020) PENGARUH SELF ESTEEM TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Kausal di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kertamaya Kota Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4507/1/2020%20RIEKE%20AYU%20F.N.pdf