eprintid: 4511 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 44 dir: disk0/00/00/45/11 datestamp: 2022-10-17 02:47:55 lastmod: 2022-10-17 02:47:55 status_changed: 2022-10-17 02:47:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mendrofa, Asman creators_name: Mursini, Anyuta creators_name: Susilawati K., Tuti creators_NPM: 010116333 creators_NPM: 8821360017 creators_NPM: 8900840022 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Mursini, Anyuta contributors_name: Susilawati K., Tuti contributors_NIDN: 8821360017 contributors_NIDN: 8900840022 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Hukum corp_creators: Hukum Perdata title: Tinjauan Yuridis Asuransi Pengiriman Barang Di Kantor Pos Pasar Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara ispublished: pub subjects: KDC subjects: Pengiriman_Barang divisions: sch_art full_text_status: public abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pertama, hubungan hukum para pihak dalam pengiriman barang berasuransi di PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Sosa; kedua, tanggung jawab PT. Pos Indonesia (Persero) alam pengiriman barang berasuransi di PT. Pos Indonesia cabang Sosa terhadap pengiriman barang berasuransi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum normatif untuk menemukan berhasil tidaknya pelaksanaan perlindungan hukum bagi konsumen terhadap pengiriman barang berasuransi yang diberikan oleh PT. Pos Indonesia khususnya cabang Sosa. Sumber data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa: pertama. Hubungan hukum para pihak dalam mengiriman barang berasuransi di PT. Pos Indonesia (Persero) cabang Sosa adalah bertindak sebagai perusahaan asuransi karena sudah meng-cover perlindungan dan penjaminan atas paket barang. Sedangkan untuk pengiriman laut dan udara PT. Pos mengadakan kerja sama dengan perusahaan asuransi yaitu PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo). Hak dan Kewajiban Pengirim paket adalah membayar biaya dan hak berupa paket dapat terkirim dan dapat diterima tepat waktu. Hak dan Kewajiban PT. Pos Indonesia Cabang Sosa ada menerima pembayaran biaya pengiriman dan wajib mengantarkan kiriman/objek perjanjian sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati; kedua, tanggung jawab PT. Pos Indonesia cabang Surakarta dimulai saat barang diterima oleh pegawai kantor Pos hingga diantar sesuai dengan alamat yang dituju. Terlambatnya paket pos sampai ke tempat tujuan, rusak ataupun hilangnya paket pos yang dikirimkan merupakan wanprestasi sehingga pihak pos dapat dituntut untuk memberikan ganti kerugian. date: 2021 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Fakultas Hukum thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Mendrofa, Asman and Mursini, Anyuta and Susilawati K., Tuti (2021) Tinjauan Yuridis Asuransi Pengiriman Barang Di Kantor Pos Pasar Ujung Batu Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4511/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4511/2/Lembar%20Pengesahan.pdf