relation: http://eprints.unpak.ac.id/4512/ title: HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR Studi Korelasional pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang 1 Kecamatan Kota Bogor Utara Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 creator: Rochaini, Lutfy creator: Hidayat, Rais creator: Yuyus subject: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR description: Lutfy Rochaini. 037114379. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. 2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel kepercayaan diri dan variabel kemandirian belajar. Uji validitas kepercayaan diri dan kemandirian belajar menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Person dan untuk reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang 1 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor berjumlah 83 siswa. Sampel yang diambil 45 siswa, diperoleh menggunakan rumus Slovin. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan kepercayaan diri dengan kemandirian belajar. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 42.172 + 0.4296 X, dengan harga Fhitung sebesar 37,66 lebih besar dari Ftabel dengan taraf 0,05 sebesar 2,74 dan konstribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 46.2%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar pada siswa kelas IV A dan IV B Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang 1 Semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Jadi untuk meningkatkan kemandirian belajar dibutuhkan kepercayaan diri yang baik. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Kemandirian Belajar. date: 2019-01-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/4512/1/2019%20PGSD%20Lutfy%20Rochaini.pdf identifier: Rochaini, Lutfy and Hidayat, Rais and Yuyus (2019) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR Studi Korelasional pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kedunghalang 1 Kecamatan Kota Bogor Utara Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.