%0 Thesis %9 Skripsi %A Nuraeni, Indri Marsa %A Badruzzaman, Nedin %A Novita, Lina %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, %A PGSD, %B Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2019 %F eprintsunpak:4518 %I Universitas Pakuan %T AUDIO VISUAL VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN Penelitian dengan Pendekatan Eksperimen Quasi Desain 2 Grup Pada Siswa Kelas IVA dan IVCSemester Gasal Sekolah Dasar Negeri Papandayan Tahun Ajaran 2019/2020 %U http://eprints.unpak.ac.id/4518/ %X Indri MarsaNuraeni, 037115174. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Video Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur atas Keberagaman. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Eksperimen Quasi. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar subtema bersyukurataskeberagaman dengan menggunakan media pembelajaran video. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Papandayan di kelas IV semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 33 butir soal dengan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,837. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis penelitian dengan uji t, maka terdapat pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman. Di kelas eksperimen diperoleh nilai N-Gain 60,5 dengan ketuntasan hasil belajar 90,9% sedangkandi kelas kontrol diperoleh nilai N-Gain 38 dengan ketuntasan hasil belajar 58,06%. Hasil pengujian hipotesis pada kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung>ttabel (4,6111>1,99897). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media video terhadap hasil belajar subtema bersyukurataskeberagaman di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Papandayan Semester Gasal tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Video.