<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA\r\nPERUBAHAN LINGKUNGAN\r\nPendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas V\r\nSekolah Dasar Negeri Tegalwaru 03 Kabupaten Bogor\r\nTahun Pelajaran 2020/2021"^^ . "ABSTRAK\r\nAlan Setiawan, 037117008. Pengaruh Penarapan Model Problem Based\r\nLearning Terhadap Hasil Belajar subtema Perubahan lingkungan. Skripsi\r\nProgram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan\r\nIlmu Pendidikan, Universitas Pakuan,2021. Penelitian ini merupakan\r\npenelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui\r\npengaruh hasil belajar subtema Perubahan Lingkungan melalui\r\npenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada peserta\r\ndidik Kelas V A dan Model Pembelajaran Konvensional kelas V B.\r\nPenelitian ini dilaksanakan di Sekolah SD Negeri Tegalwaru 03 Kabupaten\r\nBogor Kelas V A dan Kelas V B pada bulan April semester genap tahun\r\npelajaran 2020/2021. Perhitungan N-Gain model Problem Based Learning\r\nsebesar 84 dengan kriteria tingi, dan nilai N-Gain model konvensional\r\nsebesar 74 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas\r\neksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar\r\ndibandingkan dengan kelas kontrol dengan model Konvensional. Peneliti\r\nmelakukan uji normalitas dengan uji liliefors. Kedua sampel berdistribusi\r\nnormal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,052 ≤ 0,173, pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,102 ≤ 0,173. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogeny karena Fhitung ≤ F tabel, didapatkan nilai 1,105 ≤ 2,12. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 3,652 lebih besar dari ttabel sebesar 2,02108, Menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar subtema Perubahan Lingkungan melalui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning.\r\nKata Kunci: Problem Based Learning,Hasil Belajar."^^ . "2021-07-02" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PGSD, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . <> . . "Elly"^^ . "Sukmanasa"^^ . "Elly Sukmanasa"^^ . . "Ade"^^ . "Wijaya"^^ . "Ade Wijaya"^^ . . "Alan"^^ . "Setiawan"^^ . "Alan Setiawan"^^ . . . . . . "PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA\r\nPERUBAHAN LINGKUNGAN\r\nPendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas V\r\nSekolah Dasar Negeri Tegalwaru 03 Kabupaten Bogor\r\nTahun Pelajaran 2020/2021 (Text)"^^ . . . "Screenshot 2022-08-25 at 13-23-18 Skripsi Alan Head cover.pdf.pdf"^^ . . "HTML Summary of #452 \n\nPENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED \nLEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA \nPERUBAHAN LINGKUNGAN \nPendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Pada Peserta Didik Kelas V \nSekolah Dasar Negeri Tegalwaru 03 Kabupaten Bogor \nTahun Pelajaran 2020/2021\n\n" . "text/html" . .