TY - UNPB UR - http://eprints.unpak.ac.id/4522/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Sitaresmi, Citra A1 - Sutisna, Entis A1 - Sukmanasa, Elly TI - ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA DISLEKSIA DI KELAS DUA SEKOLAH DASAR Studi Kasus dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif di Sekolah Dasar Negeri Karehkel 04 Leuwiliang - Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020 ID - eprintsunpak4522 Y1 - 2019/10/13/ N2 - ABSTRAK Nebila Navisa, 03711619 Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dan model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kadudampit Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi pada kelas VA dan VB Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis data yang meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh berpikir kritis melalui model Problem Based Learning nilai N-Gain 77,71 dengan ketuntasan berpikir kritis 74%, dan model Konvensional memperoleh nilai N-Gain 29,59 dengan ketuntasan berpikir kritis 10%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (11,925) > ttabel (2,00100). Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa, terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada subtema Manusia dan Lingkungan. Model pembelajaran yang paling efektif pada subtema Manusia dan Lingkungan adalah Model Problem Based Learning. Kata Kunci :Berpikir Kritis, Problem Based Learning. ER -