TY - THES TI - PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 UR - http://eprints.unpak.ac.id/4526/ PB - Universitas Pakuan N2 - Hanas Yul Armedya. 037116028. Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Minat Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2020. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020- 2021. Populasi dari penelitian ini adalah 117 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 54 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh interaksi sosial terhadap minat belajar siswa ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,403. Ini menunjukan adanya adanya pengaruh antara interaksi sosial terhadap minat belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,1625 atau sebesar 16,25%. Sisanya sebanyak 83,75% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata minat belajar pada siswa sebesar 16,25% ditentukan oleh interaksi sosial melalui persamaan regresi ? = 93,6+0,34(X), artinya setiap peningkatan satu unit interaksi sosial maka akan meningkatkan minat belajar peserta didik sebesar 0,34 unit. Berdasarkar hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara interaksi sosial terhadap minat belajar siswa pada kelas V SDN Cimandala 03 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Interaksi sosial, Minat Belajar Y1 - 2020/10/15/ ID - eprintsunpak4526 AV - public M1 - Skripsi A1 - Armedia, Hanas Yuli A1 - Rosdiana, Rina A1 - Mirawati, Mira ER -