eprintid: 4526 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/45/26 datestamp: 2022-09-03 03:43:17 lastmod: 2022-09-15 07:11:36 status_changed: 2022-09-03 03:43:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Armedia, Hanas Yuli creators_name: Rosdiana, Rina creators_name: Mirawati, Mira creators_NPM: 037116028 creators_NPM: 0017017001 creators_NPM: 0411068001 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rosdiana, Rina contributors_name: Mirawati, Mira contributors_NIDN: 0017017001 contributors_NIDN: 0411068001 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Hanas Yul Armedya. 037116028. Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Minat Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2020. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020- 2021. Populasi dari penelitian ini adalah 117 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 54 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh interaksi sosial terhadap minat belajar siswa ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,403. Ini menunjukan adanya adanya pengaruh antara interaksi sosial terhadap minat belajar siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,1625 atau sebesar 16,25%. Sisanya sebanyak 83,75% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata minat belajar pada siswa sebesar 16,25% ditentukan oleh interaksi sosial melalui persamaan regresi Ŷ = 93,6+0,34(X), artinya setiap peningkatan satu unit interaksi sosial maka akan meningkatkan minat belajar peserta didik sebesar 0,34 unit. Berdasarkar hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara interaksi sosial terhadap minat belajar siswa pada kelas V SDN Cimandala 03 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Interaksi sosial, Minat Belajar date: 2020-10-15 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Armedia, Hanas Yuli and Rosdiana, Rina and Mirawati, Mira (2020) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Kausal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Cimandala 03 Kabupaten Bogor Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4526/1/2020%20PGSD%20HANAS%20YULI%20ARMEDIA.pdf