%0 Thesis %9 Thesis %A Ryandaru, Reziyodi %A Muharam, Hari %A Hannan, Sufrin %A Universitas Pakuan, %A Sekolah Pascasarjana, %A Manajemen S2, %B Manajemen S2 %D 2019 %F eprintsunpak:4527 %I Universitas Pakuan %T Hubungan Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga dengan Kepuasan Pelanggan Rumah Sakit (Studi Kasus Di Rumah Sakit Trimitra) %U http://eprints.unpak.ac.id/4527/ %X Tujuan penelitian ini mengetahui ada tidaknya hubungan antara Kualitas pelayanan Dan Persepsi harga Dengan Kepuasan pelanggan Pasien pada Rumah Sakit Trimitra dengan jumlah 173 pasien. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Slovin setelah dihitung diperoleh jumlah sampel sebanyak 104 pegawai. Instrumen penelitian adalah kusioner. Data yang terkumpul selanjutnya diolah menggunakan teknik analisa korelasi dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Metode yang digunakan yaitu survey dan teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi dan regresi linear sederhana serta regresi linear ganda. Adapun pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menghasilkan tiga kesimpulan yaitu : Pertama terdapat hubungan positif yang signifikan antara Kualitas pelayanan (Xi) dengan Kepuasan pelanggan (Y) dengan persamaan regresi Y = 34,867 + 0,618Xj dan hubungan yang terjadi antara Kualitas pelayanan (Xj) dengan Kepuasan pelanggan (Y) termasuk kategori "kuat" dikarenakan bahwa nilai ry.l = 0,785 berada diantara nilai 0,600 - 0,799. Kedua, terdapat hubungan positif yang signifikan antara Persepsi harga (X2) dengan Kepuasan pelanggan (Y) dengan persamaan regresi Y = 44,406 + 0,597X2. dan hubungan yang terjadi antara Persepsi harga dengan kepuasan pelanggan termasuk kategori "kuat" dikarenakan bahwa nilai ry2 = 0,698 berada diantara nilai 0,600-0,799. Ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara Kualitas pelayanan (Xl) dan Persepsi harga (X2) secara bersama-sama dengan Kepuasan pelanggan (Y) dengan persamaan regresi Y = 23,541 + 0,458Xj + 0,250X2 dan koefisien korelasi ryl.2 sebesar 0,813. Berdasarkan hal hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan dapat ditingkatkan melalui kualitas pelayanan dan persepsi harga.