@unpublished{eprintsunpak4529, school = {Universitas Pakuan}, author = {Ade Asri and Yuyun Elizabeth Patras and Rini Sri Indriani}, title = {HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Korelasi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2020/2021}, month = {October}, year = {2020}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/4529/}, abstract = {ABSTRAK Ade Asri. 037116111. Hubungan Antara Kebiasaan Membaca pemahamna Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas V, Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain dan model korelasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A, V-B, V-C dan V-D Sekolah Dasar Negeri SUKADAMAI 3 Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021 berjumlah 111 dengan sampel sebanyak 52 responden. Data Penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala Likeart untuk variabel Kebiasaan Membaca dan variabel Kemampuan membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,42 yang berati tingkat hubungan tergolong sedang dan diperoleh thitung sebesar 1,675 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 9.15 yang berarti signifikan, sedangkan koefisien determinasi sebesar 62,4\%. Hal ini berarti kontribusi variabel kebiasaan membaca dalam meningkatkan kemampuan membaca sebesar 62,4\%, melalui persamaan regresi ? . Artinya, ada hubungan yang positif antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca siswa. Kata kunci : Kebiasaan Membaca, Kemampuan Membaca Pemahaman} }