TY - THES Y1 - 2019/09/20/ AV - public UR - http://eprints.unpak.ac.id/4532/ A1 - Fauziah, Rizka A1 - Sukmanasa, Elly A1 - Windiyani, Tustiyana ID - eprintsunpak4532 N2 - Rizka Fauziah, 037115122. Perbedaan Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Discocery Learning pada siswa kelas IV-A, IV?B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Cikaret 04 Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian Eksperimen Quasi Desain Tiga Grup. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cikaret 02 Kabupaten Bogor Kelas IV-A, IV-B, dan IV-C. Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah populasi ini adalah 93 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas (Lilieofors), uji homogenitas varians (Bartlett), kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t, maka: Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning memperoleh N-Gain 70, dan Model Pembelajaran Konvensional mendapat N-Gain 48. Model Pembelajaran Discovery Learning memperoleh N-Gain 59, dan model pembelajaran Konvensioanl mendapat N-Gain 48. Model Pembelajaran Problem Based Learning memperoleh N-Gain 70 dan Model Discovery Learning mendapatkan N?Gain 59. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan terdapat Perbedaan Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Discovery Learning, dan yang paling efektif adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Kata Kunci : Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman, Model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning. M1 - Skripsi TI - PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL DISCOVERY LEARNING PB - Universitas Pakuan ER -