%0 Thesis %9 Skripsi %A Samsir, Kresna Dwi %A Muhajang, Tatang %A Sundari, Fitri Siti %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, %A PGSD, %B Pendidikan Guru Sekolah Dasar %D 2020 %F eprintsunpak:4547 %I Universitas Pakuan %T ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN KEPRAMUKAAN Penelitian Kualitatif Melalui Pendekatan Deskriptif Pada Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lanbau 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 %U http://eprints.unpak.ac.id/4547/ %X Kresna Dwi Oktaviani Setyawati Samsir. 037116059. Analisis Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Kepramukaan. Penelitian kualitatif dengan pendekatan pendekatan studi deskriptif. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Tujuan mendeskripsikan mengenai pendidikan karakter dalam kegiatan kepramukaan. Subjek penelitian ini adalah 8 Orang siswa yang mengikuti kegiatan kepramukaan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Lanbau 02 Kabupaten bogor. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2019-2020. Syahid, Firdaus, Ismail, Syahriel, Alif, Jamil, Fahri dan M.Fajar adalah subjek penelitian yang merupakan satu kelompok laki-laki yang mengikuti kegiatan kepramukaan, kelompok ini dapat memiliki 18 karakter pendidikan yang ada berkat mengikuti kegiatan ini. Pendidikan karakter tersebut diantaranya religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Dimana pendidikan karakter ini merupakan point utama yang ada di dalam Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka yang ada di setiap golongannya. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Kegiatan Kepramukaan