%I Universitas Pakuan %T HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJARDENGAN MINAT BELAJAR Studi Pendekatan Penelitian KorelasionalPada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri SukasariKota Bogor Semester Gasal TahunPelajaran2019/2020 %A Joneta Theresia %A Harlina %A Yuli Mulyawati %D 2019 %L eprintsunpak4550 %X Joneta Theresia. 037115119. Hubungan Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar dengan Minat Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar dengan Minat Belajar pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukasari Kota Bogor. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dengan jumlah 90. Sampel yang dijadikan objek penelitian adalah 47 peserta didik dari kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukasari. Teknik pengumpulan data melalui angket keterampilan mengadakan variasi mengajar dan angket minat belajar. Hipotesis penelitian terdapat hubungan yang positif antara keterampilan mengadakan variasi mengajar dengan minat belajar. Setelah data terkumpul, peneliti menghitung dengan mengunakan rumus product moment. Hasil data ini menunjukkan bahwa kontribusi keterampilan mengadakan variasi dengan minat belajar 0,64 dengan tingkat hubungan yang kuat. Berdasarkan koefisien (r) teoretik atau rtabel pada tabel korelasi product moment dapat diketahui bahwa taraf signifikan 5% dan 1% dari (N=47) berturut-turut adalah 0,284 dan 0,368. Hasil menunjukka rtabel (5% = 0,284) < rxy (0,72) < rtabel (1% = 0,368) yang artinya terdapat hubungan yang positif antara keterampilan mengadakan variasi mengajar (X) dengan minat belajar (Y) dengan taraf kuat. Kata Kunci: Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar, Minat Belajar.