eprintid: 4550 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/45/50 datestamp: 2022-09-03 03:50:23 lastmod: 2022-09-15 06:41:54 status_changed: 2022-09-03 03:50:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Theresia, Joneta creators_name: Harlina, creators_name: Mulyawati, Yuli creators_NPM: 0371159 creators_NPM: 0417057704 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Harlina, contributors_name: Mulyawati, Yuli contributors_NIDN: 0417057704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJARDENGAN MINAT BELAJAR Studi Pendekatan Penelitian KorelasionalPada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri SukasariKota Bogor Semester Gasal TahunPelajaran2019/2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Joneta Theresia. 037115119. Hubungan Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar dengan Minat Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar dengan Minat Belajar pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukasari Kota Bogor. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dengan jumlah 90. Sampel yang dijadikan objek penelitian adalah 47 peserta didik dari kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukasari. Teknik pengumpulan data melalui angket keterampilan mengadakan variasi mengajar dan angket minat belajar. Hipotesis penelitian terdapat hubungan yang positif antara keterampilan mengadakan variasi mengajar dengan minat belajar. Setelah data terkumpul, peneliti menghitung dengan mengunakan rumus product moment. Hasil data ini menunjukkan bahwa kontribusi keterampilan mengadakan variasi dengan minat belajar 0,64 dengan tingkat hubungan yang kuat. Berdasarkan koefisien (r) teoretik atau rtabel pada tabel korelasi product moment dapat diketahui bahwa taraf signifikan 5% dan 1% dari (N=47) berturut-turut adalah 0,284 dan 0,368. Hasil menunjukka rtabel (5% = 0,284) < rxy (0,72) < rtabel (1% = 0,368) yang artinya terdapat hubungan yang positif antara keterampilan mengadakan variasi mengajar (X) dengan minat belajar (Y) dengan taraf kuat. Kata Kunci: Keterampilan Mengadakan Variasi Mengajar, Minat Belajar. date: 2019-10-25 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Theresia, Joneta and Harlina and Mulyawati, Yuli (2019) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJARDENGAN MINAT BELAJAR Studi Pendekatan Penelitian KorelasionalPada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar Negeri SukasariKota Bogor Semester Gasal TahunPelajaran2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4550/1/2019%20PGSD%20JONETA%20THERESIA.pdf