%I Universitas Pakuan %D 2019 %L eprintsunpak4569 %A Ilham Zein Makbul %A Surti Kurniasih %A Desti Herawati %X ILHAM ZEIN MAKBUL 036115047. ImplementasiPembelajaranSainsBerbasis Al-Qur’an di SMP IT Sains Al-Qur’an Al-Abror. Skripsi. UniversitasPakuan. Bogor. Di bawahbimbinganDr.SurtiKurniasih, M.Si., dan DestiHerawati, M.Pd. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganmetodedeskriptifanalitik. Tujuandilakukannyapenelitianiniuntukmenganalisisdan mendeskripsikanpembelajaransainsberbasis Al-Qur’an di SMP IT Sains Al-Qur’an Al-Abror. PenelitiandilaksanakanmulaidariJanuari - Juni 2019 denganbeberapainformanyaitu guru sains, kepalasekolah, wakasekkurikulum, guru tafsir ayat-ayatsains dan siswa. Penelitianinidilakukanlangsungterhadapsubjekpenelitian yang ada di lapangan dan diperoleh data melaluiwawancara dan observasi, serta data daristudidokumentasi. Berdasarkananalisis data, pembelajaransainsberbasis Al-Qur’an terbagimenjadi 3 proses diantaranyaperencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada penelitianinidigali juga data mengenairesponsiswaterhadappembelajaransainsberbasis Al-Qur’an. Perencanaanpembelajarandimulaiawalajaranbarudenganmengadakanrapatkerjauntukmembahasadministrasipembelajaran oleh setiap guru. Kompetensi inti mengacu pada kurikulum 2013 dan menguraikanyamenjadiaktivitaspembelajaranberbasis Al-Qur’an denganpendekatansaintifiksertasumberbelajaryaitu Al-Qur’an, hadist, dan modul. Pelaksanaanpembelajaransainsterdiridarimembaca, menulis, mengartikan, menghapal, menjelaskanayat Al-Qur’an tentangsains. Evaluasipembelajaranterdiridaripenilaiankompetensi dan tafsir ayat-ayatsains. Responsiswaterhadappembelajaransainsberbasis Al-Qur’an memberikandampakpositifterhadapsiswasehinggmembentuksiswamenjadipribadi yang taat dan tundukkepadatuhan yang mahaesa. Kata kunci: PembelajaranBerbasis Al-Qur’an, PerencanaanPembelajaran, Evaluasipembelajaran, Responsiswaterhadappembelajaran. %T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS BERBASISAL-QUR’ANDI SMPIT SAINS AL-QUR’AN AL-ABROR