eprintid: 4569 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/45/69 datestamp: 2022-09-03 04:38:23 lastmod: 2022-09-15 06:32:30 status_changed: 2022-09-03 04:38:23 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Makbul, Ilham Zein creators_name: Kurniasih, Surti creators_name: Herawati, Desti creators_NPM: 036115047 creators_NPM: 0031086201 creators_NPM: 0425128803 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Kurniasih, Surti contributors_name: Herawati, Desti contributors_NIDN: 0031086201 contributors_NIDN: 0425128803 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS BERBASISAL-QUR’ANDI SMPIT SAINS AL-QUR’AN AL-ABROR ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: ILHAM ZEIN MAKBUL 036115047. ImplementasiPembelajaranSainsBerbasis Al-Qur’an di SMP IT Sains Al-Qur’an Al-Abror. Skripsi. UniversitasPakuan. Bogor. Di bawahbimbinganDr.SurtiKurniasih, M.Si., dan DestiHerawati, M.Pd. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganmetodedeskriptifanalitik. Tujuandilakukannyapenelitianiniuntukmenganalisisdan mendeskripsikanpembelajaransainsberbasis Al-Qur’an di SMP IT Sains Al-Qur’an Al-Abror. PenelitiandilaksanakanmulaidariJanuari - Juni 2019 denganbeberapainformanyaitu guru sains, kepalasekolah, wakasekkurikulum, guru tafsir ayat-ayatsains dan siswa. Penelitianinidilakukanlangsungterhadapsubjekpenelitian yang ada di lapangan dan diperoleh data melaluiwawancara dan observasi, serta data daristudidokumentasi. Berdasarkananalisis data, pembelajaransainsberbasis Al-Qur’an terbagimenjadi 3 proses diantaranyaperencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada penelitianinidigali juga data mengenairesponsiswaterhadappembelajaransainsberbasis Al-Qur’an. Perencanaanpembelajarandimulaiawalajaranbarudenganmengadakanrapatkerjauntukmembahasadministrasipembelajaran oleh setiap guru. Kompetensi inti mengacu pada kurikulum 2013 dan menguraikanyamenjadiaktivitaspembelajaranberbasis Al-Qur’an denganpendekatansaintifiksertasumberbelajaryaitu Al-Qur’an, hadist, dan modul. Pelaksanaanpembelajaransainsterdiridarimembaca, menulis, mengartikan, menghapal, menjelaskanayat Al-Qur’an tentangsains. Evaluasipembelajaranterdiridaripenilaiankompetensi dan tafsir ayat-ayatsains. Responsiswaterhadappembelajaransainsberbasis Al-Qur’an memberikandampakpositifterhadapsiswasehinggmembentuksiswamenjadipribadi yang taat dan tundukkepadatuhan yang mahaesa. Kata kunci: PembelajaranBerbasis Al-Qur’an, PerencanaanPembelajaran, Evaluasipembelajaran, Responsiswaterhadappembelajaran. date: 2019-06-27 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Makbul, Ilham Zein and Kurniasih, Surti and Herawati, Desti (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS BERBASISAL-QUR’ANDI SMPIT SAINS AL-QUR’AN AL-ABROR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4569/1/2019%20P%20BIO%20Ilham%20Zein%20Makbul.pdf