TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/4573/ Y1 - 2019/10/19/ M1 - Skripsi ID - eprintsunpak4573 N2 - ABSTRAK Devi Eka Putri. 037115058. Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2019. Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 90 siswa. Siswa yang diambil sebanyak 48 siswa yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes soal tertulis. Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas Liliefors kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukkan populasi tersebut bersifat homogen. Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh harga koefisien regresi (rxy) sebesar 0,83 dan diperoleh thitung sebesar 10,04. Ini menunjukkan adanya pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,69 atau sebesar 69%. Hal ini berarti nilai hasil belajar matematika siswa sebesar 69% ditentukan oleh gaya belajar melalui persamaan regresi ?=16,53+0,598X. Sisanya sebanyak 31% ditentukan oleh faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar Matematika A1 - Putri, Devi Eka A1 - Pursitasari, Indarini Dwi A1 - Safitri, Nurlinda TI - PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Studi Penelitian Kausal pada Siswa Kelas IVA, IVB dan IVC di Sekolah Dasar Negeri Ciampea 02 Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor Semester Ganjil 2019/2020 AV - public PB - Universitas Pakuan ER -