eprintid: 4582 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/45/82 datestamp: 2022-09-05 02:35:17 lastmod: 2022-09-15 04:48:35 status_changed: 2022-09-05 02:35:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Alfiyah, Fifi creators_name: Patras, Yuyun Elizabeth creators_name: Anjaswuri, Fitri creators_NPM: 037115184 creators_NPM: 0427077704 creators_NPM: 0416068503 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Patras, Yuyun Elizabeth contributors_name: Anjaswuri, Fitri contributors_NIDN: 0427077704 contributors_NIDN: 0416068503 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidiksn Guru Sekolah Dasar title: HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA Studi Korelasional di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Semeru 1 Bogor Semester Ganjil 2019/ 2020 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Fifi Alfiyah 037115184. Hubungan Disiplin Belajar dengan Minat Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019. Penelitian ini menggunakan model penelitian korelasional untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan minat belajar matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner berskala lima untuk variabel disiplin belajar dan minat belajar matematika. Uji validitas instrumen disiplin belajar dan minat belajar matematika dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Semeru 1 Bogor yang berjumlah 90 peserta didik. Sampel yang di ambil 47 peserta didik, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian pasyarat analisis berupa uji normalitas liliefors. Setelah dari uji normalitas kemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukkan populasi bersifat homogen. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukkan terdapat hubungan disiplin belajar dengan minat belajar matematika, ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,65. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi Ŷ = 67,42 + 0,57 (X), dengan harga thitung sebesar 5,73 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 2,02 dan kontribusi berdasarkan hasil penelitian sebesar 42%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara disiplin belajar dengan minat belajar. Kata kunci: Disiplin Belajar, Minat Belajar Matematika date: 2019-09-24 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Alfiyah, Fifi and Patras, Yuyun Elizabeth and Anjaswuri, Fitri (2019) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA Studi Korelasional di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Semeru 1 Bogor Semester Ganjil 2019/ 2020. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4582/1/2019PGSDFifi.pdf