TY - THES TI - PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MIND MAPPING MATERI VERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMAN 1 CIGOMBONG UR - http://eprints.unpak.ac.id/4585/ PB - Universitas Pakuan N2 - SITI ALPIAH ULFAH. 036115043. Pengembangan Bahan Ajar Mind Mapping Materi Vertebrata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Kelas X SMAN 1 Cigombong. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. dibawah bimbingan Dra. Triasianingrum A.,S.U. dan Suci Siti Lathifah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi vertebrata. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) model 4-D (Devine, Design, Develop, Dissemination) yang dilaksanakan pada bulan Maret hingga Juni 2019. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 1 Cigombong tahun akademik 2018/2019 untuk kelas uji coba yang berjumlah 32 orang siswa dan menggunakan one group pretest-postest. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, validasi guru dan instrumen pilihan ganda. Hasil validasi bahan ajar mind mapping dapat dikategorikan sangat valid dan memenuhi kriteria. Hasil uji pada kriteria kesesuaian KD, kata kunci, hubungan cabang utama dengan cabang lainnya, desain warna, simbol gambar dengan garis lengkung, dan kelengkapan materi memperoleh nilai diatas 87%-100% termasuk kategori sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran. Hasil nilai N-gain pretest dan postest menunjukkan kriteria sedang yakni 56%. Hasil rata-rata Pretest sebelum menggunakan bahan ajar Mind Mapping yaitu 47 dengan kategori hasil belajar yang kurang dan hasil rata-rata Postest setelah menggunakan bahan ajar Mind Mapping sebesar 77 dengan kategori hasil belajar yang baik. Kata kunci: Bahan Ajar, Hasil Belajar, Mind Mapping, Vertebrata. Y1 - 2019/06/27/ ID - eprintsunpak4585 AV - public M1 - Skripsi A1 - Ulfah, Siti Alpiah A1 - Triasianingrum A1 - Lathifah, Suci Siti ER -