eprintid: 4588 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/45/88 datestamp: 2022-09-05 03:25:00 lastmod: 2022-09-14 07:06:57 status_changed: 2022-09-05 03:25:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurhabibah, Fatimah creators_name: Hidayat, Rais creators_name: Windiyani, Tustiyana creators_NPM: 037115012 creators_NPM: 0426067204 creators_NPM: 0403087102 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Rais contributors_name: Windiyani, Tustiyana contributors_NIDN: 0426067204 contributors_NIDN: 0403087102 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidiksn Guru Sekolah Dasar title: PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN SUDUT MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas IV A, IV B dan IV C Di Sekolah Dasar Sukamantri 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Fatimah Nurhabibah, 037115012. Perbedaan Hasil Belajar Pengukuran Sudut Dengan Model Discovery Learning dan Model Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Sukamantri 03 Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor kelas IV-A, IV-B dan IV-C, pada bulan April 2019. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 28 soal, dengan koefisien 0,89. Teknik analisis yang digunakan yaitu uju prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Pada uji normalitas, ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel Lhitung lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Discovery Learning didapat nilai Lhitung 0,055, pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung0,09 pada kelompok kelas konvensional didapat nilai Lhitung 0,02, sedangkan untuk jumlah sampel 92 dan taraf signifikansi sebesar α = 0,05 diperoleh Label sebesar 0,15. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai Xhitung sebesar 2,26 lebih kecil dari Xtabel yaitu 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis model Discovery Learning dan model Problem Based Learning didapatkan nilai thitung sebesar (2,32) lebih besar dari ttabel sebesar (2,00758), menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ternyata terdapat pengaruh penerapan model Discovery Learning dan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pengukuran sudut melalui model Discovery Learning memberikan dampak yang lebih baik di kelas IV A (eksperimen A) dibandingkan dengan kelas IV B melalui model Problem Based Learning dan kelas IV C melalui model konvensional. Kata kunci: Hasil belajar, Discovery Learning, Problem Based Learning date: 2019-06-26 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nurhabibah, Fatimah and Hidayat, Rais and Windiyani, Tustiyana (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN SUDUT MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Studi Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi Desain 3 Grup Pada Peserta Didik Kelas IV A, IV B dan IV C Di Sekolah Dasar Sukamantri 03 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4588/1/2019PGSD%20FATIMAH%20N.pdf