TY - THES N2 - ABSTRAK KURNIAWATI. 036116007. Pengembangan E-Book Sebagai Bahan Ajar Materi Pteridophytauntuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Dibawah bimbingan Dra. Susi Sutjihati, M.Si, dan Suci Siti Lathifah, M.Pd. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar mengajar itu sendiri, sehingga para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book sebagai bahan ajar materi Pteridophytadan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE (Analyse, Desain, Develophment, Implementation, Evaluation). Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juli 2020. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu siswa MAN 1 Kabupaten Bogor kelas X IPA 3 tahun akademik 2019/2020 sebanyak 36 siswa. Pelaksanaan uji coba lapangan hanya sampai uji cba terbatas dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil validasi kelayakan bahan ajar oleh dua orang ahli menunjukkan kriteria valid tanpa revisi dengan tingkat pencapaian dari ahli media sebesar 89% dan dari ahli materi sebesar v96%. 2) Bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,8 (tinggi). 3) Bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan respon sangat baik dari guru maupun siswa, dengan pencapaian yang dikembangkan mendapat respon sangat baik dari guru dan siswa dengan nilai yang diperoleh dari respon guru sebesar 87% dan dari respon siswa sebesar 90%. Kata Kunci : E ? book, Pteridophyta, Penguasaan Konsep A1 - Kurniawati A1 - Sutjihati, Susi A1 - Lathifah, Suci Siti Y1 - 2020/07/23/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/4600/ PB - Universitas Pakuan TI - PENGEMBANGAN E-BOOK SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI PTERIDOPHYTA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA ID - eprintsunpak4600 AV - public M1 - Skripsi ER -