%0 Thesis %9 Skripsi %A AULIA, FITRI NURUL %A Subarkah, TEGUH IMAN %A UTAMNI, NUR %A UNIVERSITAS PAKUAN, %A Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, %A SASTRA INGGRIS, %B SASTRA INGGRIS %D 2018 %F eprintsunpak:4644 %I Universitas Pakuan %T ANALISIS SIMBOL DAN MAKNA REFERENSIALNYA DALAM LOGO BRAND PARIWISATA DI NEGARA-NEGARA ASEAN %U http://eprints.unpak.ac.id/4644/ %X Logo merupakan bagian dari komunikasi yang ditujukan untuk menawarkan suatu produk. Penelitan ini membahas tentang tanda dalam logo brand iklan pariwisata negara di kawasan ASEAN yang terdiri dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura. Penelitian kualitatif ini memfokuskan pada analisis simbol yang digunakan dalam logo brand pariwisata empat negara tersebut. Metode yang digunakan untuk mengolah data ialah analisis deskriptif dan teknik studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan terdapat dua simbol yang digunakan dalam logo brand pariwisata, yaitu simbol verbal dan simbol nonverbal. Setiap simbol yang digunakan memiliki makna yang mempresentasikan karateristik pariwisata masing-masing negara.