eprintid: 4653 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 47 dir: disk0/00/00/46/53 datestamp: 2022-09-05 03:20:36 lastmod: 2022-09-05 03:20:36 status_changed: 2022-09-05 03:20:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: WIJAYA, SHIGID TANU creators_name: Valdiani, Dini creators_name: Amaliasari, Diana creators_NPM: 044113048 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Valdiani, Dini contributors_name: Amaliasari, Diana corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya corp_creators: Ilmu Komunikasi title: ANALISIS PERILAKU MIMETIK DI KALANGAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP FENOMENA "OM TELOLET OM" ispublished: pub subjects: 26 divisions: Pro_ikom full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses terbentuknya perilaku meniru (mimetik) di kalangan pengguna media sosial Twitter pada fenomena om telolet om. Para pengguna Twitter terutama remaja, mereka belum bisa memilah-milah mana yang baik untuk ditiru. Alasan para remaja seperti itu dikarenakan mereka ingin mendapat perhatian, kemudian beralih ke keinginan untuk diakui atau disetujui dan didukung oleh lingkungan mereka yang pada akhirnya akan membentuk citra dan kepopuleran mereka. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dan melalui observasi. Dimana selama proses penelitian peneliti melakukan analisis langsung terhadap akun-akun Twitter yang memiliki pengaruh besar terhadap proses terbentuknya perilaku meniru (mimetik). Penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara mendalam kepada pakar sosial media. Serta melakukan observasi kepada akun-akun media sosial selain Twitter dan buku-buku serta portal berita nasional. Teknik pengolahan data dan analisis data lapangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tahapan-tahapan yang dilewati sebelum melakukan perilaku mimetik terhadap fenomena 'Om Telolet Om' dan semua itu terjadi tanpak mereka sadari. Namun, hanya mereka yang telah memenuhi syarat yang bisa melakukan perilaku mimetik. Peran orang tua sangat diperlukan dalam mengawasi remaja ketika menggunakan media sosial, karena remaja tersebut masih dalam tahap transisi dari anak-anak menuju dewasa, sehingga mereka masih butuh bimbingan orang tua. Kata Kunci: Perilaku, Mimetik, Meniru, Remaja, Media Sosial, Twitter. Fenomena, Om Telolet Om. date: 2017-07-07 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Ilmu Komunikasi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: WIJAYA, SHIGID TANU and Valdiani, Dini and Amaliasari, Diana (2017) ANALISIS PERILAKU MIMETIK DI KALANGAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP FENOMENA "OM TELOLET OM". Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/4653/1/CamScanner%2009-03-2022%2015.10.pdf