<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA CARA\r\nTUBUH MENGOLAH UDARA BERSIH\r\nPendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas V Sekolah\r\nDasar Negeri Bangka 03 Kota Bogor Semester Ganjil\r\nTahun Ajaran 2021/2022"^^ . "ABSTRAK\r\nArdi Nata Nugroho, 037117023. Pengaruh Penggunaan Model Problem\r\nBased Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Cara Tubuh Mengolah\r\nUdara Bersih. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,\r\nFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2021.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar subtema Cara Tubuh\r\nMengolah Udara Bersih melalui penerapan Model Pembelajaran Problem\r\nBased Learning pada siswa Kelas VB dan Model Pembelajaran\r\nKonvensional pada siswa kelas VA. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah\r\nDasar Negeri Bangka 03 Kota Bogor Kelas VA dan Kelas VB pada bulan\r\nJuli sampai Agustus semester gasal tahun pelajaran 2021/2022.\r\nPerhitungan N-Gain model Problem Based Learning sebesar 81 dengan\r\nkriteria tingi, dan nilai model konvensional sebesar 70 dengan kriteria\r\nsedang. Sehingga N-Gain pada kelas eksperimen dengan model Problem\r\nBased Learning lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan\r\nmodel konvensional. Peneliti melakukan uji normalitas dengan uji liliefors\r\nkedua sampel berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,139 ≤ 0,161, pada kelompok kelas kontrol didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,058 ≤ 0,161. Kemudian pada uji homogenitas data tersebut bersifat homogen karena Fhitung ≤ F tabel, didapatkan nilai 1,35 ≤ 1,88.Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan thitung sebesar 14,59 lebih besar dari ttabel sebesar 2,00404, Menunjukan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternative) diterima. Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pembelajaran kesatu melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Konvensional.\r\nKata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar"^^ . "2021-09-15" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "PGSD, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Tatang"^^ . "Muhajan"^^ . "Tatang Muhajan"^^ . . "Nurlinda"^^ . "Safitri"^^ . "Nurlinda Safitri"^^ . . "Ardi Nata"^^ . "Nugroho"^^ . "Ardi Nata Nugroho"^^ . . . . . . "PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA CARA\r\nTUBUH MENGOLAH UDARA BERSIH\r\nPendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas V Sekolah\r\nDasar Negeri Bangka 03 Kota Bogor Semester Ganjil\r\nTahun Ajaran 2021/2022 (Text)"^^ . . . "2021PGSD ARDI.pdf"^^ . . "HTML Summary of #467 \n\nPENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED \nLEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA CARA \nTUBUH MENGOLAH UDARA BERSIH \nPendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi pada Siswa Kelas V Sekolah \nDasar Negeri Bangka 03 Kota Bogor Semester Ganjil \nTahun Ajaran 2021/2022\n\n" . "text/html" . .