%A Margi Utami %A Sumardi %A Fitri Siti Sundari %I Universitas Pakuan %D 2021 %X Margi Utami, 037116075. Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan dan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2020. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Bertempat di Sekolah Dasar Negeri Semplak 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A, IV B dan IV C Sekolah Dasar Negeri Semplak 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor berjumlah 101. Sampel yang diambil berjumlah 50 siswa, kemudian penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel kemandirian belajar dan hasil belajar matematika menggunakan tes. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 56,83 + 0,15X dengan harga Fhitung sebesar 7,29 lebih besar dari Ftabel dengan taraf 0,05 sebesar 4,04 dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,44. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika kelas IV A, IV B dan IV C Sekolah Dasar Negeri Semplak 1 Kecamatan Bogor Barat Kotra Bogor Semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika %L eprintsunpak4688 %T PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Kausal Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Semplak 1 Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021