%0 Thesis %9 Skripsi %A Ananda, Nida %A Indrayono, Yohanes %A Herlisnawati, Dessy %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ekonomi dan Bisnis, %A Program Studi Akuntansi, %B Program Studi Akuntansi %D 2022 %F eprintsunpak:4736 %I Universitas Pakuan %P 78 %T Analisis Perbandingan Penentuan Harga Jual Dengan Metode Full costing Sebelum Dan Saat Covid-19 Pada Peningkatan Laba CV Fitria Cahaya Tour And Travel. %U http://eprints.unpak.ac.id/4736/ %X NIDA ANANDA. 022118263. Analisis Perbandingan Penentuan Harga Jual Dengan Metode Full costing Sebelum Dan Saat Covid-19 Pada Peningkatan Laba CV Fitria Cahaya Tour And Travel. Pembimbing : Yohanes Indrayono dan Dessy Herlisnawati. 2022. CV Fitria Cahaya Tour And Travel merupakan salah satu perusahaan yang terdampak pandemi COVID-19, dengan adanya COVID-19 ini pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini memburuk sehingga terjadi penurunan penjualan. Oleh karena itu, CV Fitria Cahaya Tour And Travel harus mampu menentukan harga jual yang efektif. Faktanya CV Fitria Cahaya Tour and Travel tidak memasukan keseluruhan biaya kedalam produk. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut metode full costing adalah solusinya. Metode full costing menghitung biaya berdasarkan keseluruhan biaya produksi baik biaya tetap dan biaya variabel.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui relevan tidaknya penerapan harga jual dalam penentuan tarif paket wisata pada CV Fitria Cahaya Tour And Travel dan mengetahui meningkat atau menurunnya laba CV Fitria Cahaya Tour And Travel. Penelitian ini dilakukan pada CV Fitria Cahaya Tour And Travel Kabupaten Tasikmalaya tahun 2019-2021. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 2 sampel dengan melihat paket dengan penjualan terbanyak. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif (non statistik) yaitu dengan pengumpulan data atau informasi yang diperoleh dengan cara survei. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan full costing. Hasil penelitian mengungkapkan penentuan harga jual pada peningkatan laba dengan menggunakan metode full costing mengalami peningkatan. Pada paket Yogyakarta harga jual sebelum COVID-19 sebesar Rp829.598 dan saat covid-19 sebesar Rp831.530. Pada paket Pangandaran harga jual sebelum COVID-19 sebesar Rp411.523 dan saat COVID-19 sebesar Rp414.134. Paket Yogyakarta mengalami peningkatan laba sebesar Rp10.330 dan paket Pangandaran mengalami peningkatan laba sebesar Rp17.026. Kata Kunci: Harga jual, full costing, dan Laba