TY - THES N2 - Gina Sintia Zaelani, 021113149, Manajemen, Manajemen Pemasaran, Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Salak The Heritage, dibawah bimbingan Ferdisar Adrian, SE., MM. dan Yuary Farradia Ir., M.Sc., 2017. Salah satu industri yang mengalami perkembangan pesat saat ini adalah sektor pariwisata. Keberhasilan sektor pariwisata di Indonesia sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk di dalamnya keberadaan hotel yang merupakan sarana tempat beristirahat bagi para pengunjung baik yang berasal dari mancanegara maupun pengunjung domestik. Hotel Salak adalah salah satu Hotel di Kota Bogor yang merupakan aset penting bagi masyarakat Bogor, karena Bogor memiliki nilai sejarah yang cukup panjang. Hotel Salak dibangun Pada tahun 1856 berbarengan dengan dibangunnya kembali Istana Bogor, pemerintah Belanda membangun sebuah Hotel yang dibangun sebagai rumah kediaman tamu di Istana Bogor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan di Hotel Salak The Heritage Bogor. untuk mengetahui kepuasan pelanggan di Hotel Salak The Heritage Bogor. untuk mengetahui analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Hotel Salak The Heritage Bogor. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian Explanatory Survey. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah probabilitas sampling dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 357. Metode analisis yang digunakan sebagai alat analisis adalah metode IPA (importance performance analisys) dan diagram cartesius dengan menggunakan SPSS 21. Kualitas pelayanan merupakan variabel yang mempengaruhi (x) dan kepuasan pelanggan adalah variabel yang dipengaruhi (y). Hasil penelitian menunjukan fakta melalui tanggapan responden bahwa kualitas pelayanan yang ada pada Hotel Salak The Heritage dinilai baik namun kepuasan pelanggan dinilai masih cukup memuaskan. Sedangkan menurut perhitungan IPA (Importance Performance Analisys) yang digambarkan didalam diagram cartesius penerapan pelayanan pada Hotel Salak The Heriatge dengan indikator jasa tersebut sebagian besar menghasilkan pelayanan yang sangat baik dengan rentan score 80-100%. tingkat kesesuaian bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, dengan Hasil perhitungan sebesar 98,02% yang berarti bahwa rata-rata pelanggan belum cukup puas atas kualitas jasa yang diberikan oleh pelanggan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan PB - Universitas Pakuan Y1 - 2018/01/24/ A1 - Zaelani, Gina Sintia A1 - Adrian, Ferdisar A1 - Farradia, Yuary ID - eprintsunpak4749 AV - public TI - Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Salak The Heritage EP - 172 UR - http://eprints.unpak.ac.id/4749/ M1 - Skripsi ER -